Digadang-gadang Jadi Pengganti WhatsApp, Ini Sederet Fitur Unggulan Aplikasi Signal

internet
Aplikasi Pengganti WhatsApp, Ini Sederet Fitur Unggulan Aplikasi Signal

Signal disebut-sebut sebagai aplikasi perpesanan terenkripsi yang aman. Lalu apa saja fitur aplikasi chatting Signal yang disebut-sebut saingan dari Whatsapp? Fitur Unggulan Aplikasi Signal

Keamanan ini sebenarnya tidak dapat dijanjikan, tapi ini bisa saja sebagai alternatif yang lebih pribadi untuk WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, iMessage, dan SMS. Kalau Anda tertarik menggunakan Signal, mungkin ini waktu yang tepat untuk mempelajarinya lebih dulu. Fitur aplikasi chatting signal sepertinya adalah bagian terpenting untuk kita kenali dulu.

Berikut fitur aplikasi chatting Signal yang paling tidak akan membuat kita tahu apakah aplikasi ini layak untuk dipertimbangkan atau tidak.

1. Mendukung Percakapan Privasi dan Grup

Sama dengan WhatsApp, aplikasi Signal mendukung fitur percakapan privasi dan grup. Kekurangannya, Signal tidak menyebutkan secara jelas berapa jumlah maksimal anggota yang bisa tergabung dalam percakapan grup.

2. End to end Encryption

End to end Encryption merupakan tindakan menerapkan enkripsi ke pesan di satu perangkat sehingga hanya perangkat yang dikirim yang dapat mendekripsinya. Pesan berjalan dari pengirim ke penerima dalam bentuk terenkripsi.

Baca: WhatsApp Hadirkan Mode Gelap Secara Global

3.  Disappearing Message

Gunakan Disappearing untuk menjaga agar riwayat pesan Anda tetap rapi. Pesan tersebut akan hilang dari perangkat Anda setelah pengatur waktu berlalu. Pesan yang hilang dapat dikelola oleh siapa saja di obrolan. Pengaturan ini berlaku untuk semua pesan baru setelah timer disetel atau diubah.

4. Pengunci Aplikasi

Kita bisa mengunci aplikasi Signal dengan fitur ini. Fitur aplikasi chatting signal ini memungkinkan kita menjauhkan handphone dari orang yang suka iseng membuka isi pesan di dalam app kita. Bila ingin membukanya lagi seperti ketika membuka screen lock, pakai password atau pakai sidik jari.

5. Voice and Video Call

Fitur aplikasi chatting Signal juga dilengkapi dengan voice and video call. Kita bisa melakukan pembicaraan face to cafe dalam jarak jauh atau pun pesan suara jika sedang dalam kondisi repot untuk mengetik.

6. Mendukung Pengiriman Berkas

Fitur lampiran menjadi salah satu andalan fitur aplikasi chatting Signal. Kita bisa mengirim berkas gambar, video, audio, dan dokumen dengan fitur ini.

Baca: Akibat Virus Corona, Dalam Sebulan Harta 20 Orang Kaya di Dunia Hilang Rp 4.248 Triliun

7. Emoji dan GIF

Fitur emoji dan GIF sepertinya sudah menjadi fitur wajib di aplikasi chatting manapun. Signal juga dilengkapi dengan fitur emoji dan GIF, sehingga pengiriman pesan bisa menjadi semakin seru. Kekurangannya belum ada stiker seperti yang ada di WhatsApp.

8. Mendukung Berbagai Platform

Fitur aplikasi chatting Signal mendung berbagai platform. Kita bisa membukanya di Android, iOS, atau di browser komputer. Signal sudah bisa diekstensi ke Google Chrome.

9. Bisa jadi Aplikasi SMS/MMS

Bila menggunakan android, kita bisa memakai Signal sebagai aplikasi pesan utama untuk kirim SMS dan MMS. Hanya saja, fitur ini tidak melalui proses enkripsi.

10. Tema Aplikasi

Fitur aplikasi chatting Signal yang cukup unik ialah adanya tema aplikasi. Kita bisa memilih tema terang atau gelap. Bila pilih terang, aplikasi akan bernuansa biru dan putih. Bila memilih gelap, Anda akan melihat warna gelap di aplikasi Anda.

Demikian uraian singkat fitur aplikasi chatting Signal yang mungkin bisa dipertimbangkan menjadi alternatif alat komunikasi kita di masa mendatang.

Digadang-gadang Jadi Pengganti WhatsApp, Ini Sederet Fitur Unggulan Aplikasi Signal

Berita Terkait