• Sabtu, 23 September 2023

Kesuksesan HPN di Sumut Sisakan Masalah, Honor Panitia Hingga Kini Tak Jelas

- Rabu, 7 Juni 2023 | 13:52 WIB
logo HPN 2023 (Kominfo sumut)
logo HPN 2023 (Kominfo sumut)

metrosatu.com -Suksesnya Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2023 yang berlangsung 7-12 Februari 2023 di Sumatera Utara, masih menyisakan masalah. Kepanitiaan yang dibentuk secara resmi dan dikuatkan dengan Surat Kepitusan (SK) Gubernur Sumatera Utara hingga kini belum menerima honor sebagaimana dijanjikan.

"Honor panitia HPN 2023 hingga kini belum jelas alias raib. Padahal sudah bekerja maksimal dan memenuhi persyaratan adminitrasi yang diminta Kepala Dinas Infokom Sumut," kata Sekretaris PWI Sumut Hamonangan Panggabean yang juga anggota panitia HPN, Rabu (7/6/2023).

Konfirmasi dari Kadis Kominfo Sumut Ilyah Sitorus melalui pesan whatsapp, ujar Monang, dijelaskan bahwa susunan kepanitian dinilai menyalahi aturan. Sehingga anggaran yang disiapkan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan.

Baca Juga: KASAR Gak Nih! Inara Rusli Dibandingk dengan Anjing Peliharaan oleh Mantan Kakak Ipar

"Itulah alasan mengapa honor panitia tidak cair," ujar Monang.

Sekretaris Panitia HPN Bidang Seminar, Sugiatmo, menyesalkan pernyataan Kadis Kominfo Sumut ini.

"Selaku Kepala Dinas harusnya memahami aturan. Kalau honor panitia yang disusun berdasarkan SK Gubernur dan akhirnya dinilai menyalahi aturan, maka dipertanyakan kapabilitas Ilyas Sitorus sebagai Kepala Dinas Infokom," ujar Sugiatmo yang juga Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut.

Baca Juga: Bawakan Lagu Sendiri di America's Got Talent 2023, Putri Ariani Langsung Dapat Golden Buzzer dari Simon Cowell

Disayangkan lagi, Kadis Infokom memberikan penjelasan terkait "raibnya" honor itu setelah didesak sejumlah panitia. Selama ini terkesan didiamkan tanpa ada penjelasan sedikitpun.

Dalam rapat-rapat persiapan HPN  di bawah koordinasi Dinas Kominfo Sumut telah ditetapkan pembagian tugas dan sejumlah pengurus PWI Sumut terlibat dalam kepanitiaan. Melalui rapat resmi juga disebutkan ada honor panitia.

Selain honor kepanitiaan, Kadis Kominfo Sumut juga dinilai diskriminasi soal seragam panitia. Di hari "H" pelaksanaan, hanya orang-orang tertentu yang mengenakan seragam panitia berupa seragam batik.

Baca Juga: Puan Maharani Bocorkan Kandidat Nama Cawapres Pendamping Ganjar: Ada AHY, Mahfud dan Erick Thohir

Dengan masalah terebut, sejumlah pengurus PWI Sumut yang tergabung dalam kepanitiaan HPN 2023, meminta kepada Gubernur Sumatera Utara untuk mengevaluasi jabatan Kepala Dinas Kominfo Sumut.

Editor: Sugiatmo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X