RSUD Dumai Rawat Pasien Diduga Mengidap Virus Corona di Ruang Isolasi

Beredar kabar bahwa di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai Riau merawat seorang pasien diduga mengidap virus corona. Namun belum bisa dipastikan statusnya apakah pasien positif Corona atau tidak. Pihak Rumah Sakit masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan Provinsi Riau.

Status kesehatan pasien berusi 38 tahun ini belum dipastikan terjangkit virus corona (covid-19), dan selama pemeriksaan laboratorium dia akan dirawat sesuai standar penanganan.

Direktur RSUD Dumai Ridhonaldi, Selasa (03/03/2020), menyatakan pasien terduga Corona ini karena memiliki ciri ciri. Berdasarkan hasil pemeriksaan medis, dan langkah antisipasi dilakukan penanganan medis dengan perawatan isolasi sesuai prosedur ditentukan.

[irp]

“Pasien ini datang ke rumah sakit untuk berobat, dan setelah diperiksa ditemukan ada ciri ciri, misal demam pilek dan keluar lendir dari hidung. Sesuai prosedur kita tempatkan pasien di ruang perawatan intensif dan isolasi,” kata Ridho kepada Antara.

Ridho mengimbau agar masyarakat tidak resah dan panik karena pasien sudah ditangani medis sesuai prosedur dan seluruh petugas lakukan antisipasi penyebaran.

“Semoga nantinya negatif dan masyarakat tidak panik, namun tetap harus waspada dan menjaga kesehatan agar kita tidak terjangkit virus ini,” sebut Ridho.

[irp]

Karyawan Bongkar Muat Kapal Asing

Sementara itu, sekretaris Dinas Kesehatan Dumai, dr Syaiful membenarkan ada seorang warga Dumai yang bekerja sebagai operator bongkar muat barang sebagai pasien yang diduga suspect virus corona. Pasien laki-laki itu merupakan karyawan perusahaan di Kawasan Industri Dumai di Pelintung.

“Dia bekerja di salah satu perusahaan di Dumai sebagai operator bongkar muat kapal dari Rusia dan Filipina. Dimana kedua kapal tersebut sebelum ke Dumai (Riau, Indonesia), sempat singgah ke Singapura dan Malaysia,” kata dr Syaiful, Selasa (3/3/2020).

Dikatakan dr Syaiful, operator ini telah bekerja selama tiga hari dan mengalami demam tinggi pada tanggal 20 Februari 2020.

Saat berobat di Puskesmas, pasien menceritakan bagaimana aktifitasnya sebelum mengalami demam tinggi hingga suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celcius.

“Kita sudah diskusikan masalah pasien ini dengan tim dan memutuskan untuk dilakukan isolasi di RSUD Dumai. Ini merupakan upaya Pemko Dumai dalam mengatasi penyebaran virus corona,” ungkap dr Syaiful.

[irp]

Dijelaskan Syaiful, warga Dumai ini masuk ruang isolasi RSUD Dumai pada hari ini pukul 11.00 WIB. Hal ini pum sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk membantu pemeriksaan medis.

“Dinas Kesehatan Dumai sudah siap untuk penanganan dan pencegahan Corona ini, dan kita tetap berharap pasien negatif, namun orang orang terdekat sudah kita data untuk antisipasi lebih lanjut,” kata Syaiful. (MS-001)

sumber: Antara

Berita Terkait