Rabu, 17 Juli 2024

Gubernur Sumut akan Keluarkan Pergub Wajib Pendidikan Kepramukaan, Syarat Masuk SMA

- Rabu, 05 Juli 2023 11:05 WIB
Gubernur Sumut akan Keluarkan Pergub Wajib Pendidikan Kepramukaan, Syarat Masuk SMA

Baca Juga:

metrosatu.com -Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyatakan akan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Wajib Pendidikan Kepramukaan bagi pelajar dan sebagai syarat mendaftar masuk Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Pergub itu akan mengatur syarat masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) harus ada sertifikat pendidikan kepramukaan," ujar Gubernur Sumatera Utara juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara saat membuka acara Raimuna Daerah Gerakan Pramuka Sumut, Selasa, 4 Juli 2023 di Bumi Perkemahan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Langkat.

Dikatakan Edy, melalui pendidikan kepramukaan akan terbentuk generasi muda yang memiliki disiplin, sopan santun, mandiri, dan berjiwa patriotisme.

Baca Juga: Gubsu Buka Raimuna Daerah Gerakan Pramuka Sumut, Ini Pesannya

Baca Juga: Soal Ranperda Persetujuan Bangunan Gedung, Ini Pendapat Fraksi Golkar DPRD Medan

"Melalui pendidikan kepramukaan akan tumbuh jiwa patriotisme untuk membela negara. Untuk itu saya akan mengeluarkan Pergub bahwa syarat untuk masuk SMA/SLTA harus memiliki sertifikat kepramukaan," ujar Edy Rahmayadi.

Menindaklanjuti pernyataan Gubsu, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara melalui surat nomor 000.8.6.2/549/Bid.PTK/VII/2023, ditandatangani kepala Dinas Pendidikan Provsu Dr Asren Nasution MA, mengundang berbagai pihak, termasuk Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut untuk digelar fokus diskusi group (FGD) Pendidikan Kepramukaan.

Sebelumnya diacara Raimuna Daerah Dalam pidatonya, Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa, anggota Pramuka disiapkan sebagai komponen cadangan dalam bela negara.

Baca Juga: Johnny G Plate Kagetkan Publik Usai Sebut Nama Orang Penting dalam Kasus Korupsi BTS, Jokowi Ikut Terseret?

Disebutkan Gubsu, dalam bela negara ada isitilahnya komponen nasional (Komnas) yang dibagi tiga bagian. Yakni Komponen utama, adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI), komponen cadangan yang disiapkan untuk membela negara. Pramuka termasuk komponen cadangan.

Kemudian komponen pendukung yakni kesiapan sumber daya manusia dan sumber daya alam.

"Bela negara adalah kewajiban untuk membela negara. Karenya anggota Pramuka yang mengikuti kegiatan Raimuna ini adalah bentuk penempahan diri sebagai komponen cadangan dalam bela negara," ujar Edy Rahmayadi.

Baca Juga: Soal Ranperda Persetujuan Bangunan Gedung, Ini Pendapat Fraksi Golkar DPRD Medan

Edy Rahmayadi juga meminta seluruh anggota Pramuka dapat memaknai "Hymne Pramuka" yang di dalamnya ada kalimat "kami jadi pandumu" sebagai jihad untuk membela negara.

Edy mengunngkapkan dirinya menjadi anggota pramuka sejak tahun 1977. "Berkat pendidikan pramuka itulah saya bisa menjadi gubernur," ujarnya.

Ditegaskan Edy, anggota pramuka adalah kader-kader yang disiapkan untuk memimpin negeri ini. "Pemimpin yang tidak paham pramuka maka tidak ada jiwa bela negara".

Baca Juga: PWNU Sumut Ikuti Sosialisasi SISKADER Nahdlatul Ulama

Pada kesempatan itu Gubsu kembali mengingatkan bahwa, Pramuka memiliki lahan sebagai tempat mendidik generasi bangsa. Namun sejak tahun 2018 laham itu sudah hampir hilang.

"Pramuka tidak akan menyerah untuk mengambil kembali hak haknya. Saya siap berada di garda terdepan untuk mengambil kembali hak kita,"
ujar Edy Rahmayadi disambut tepuk tangan seluruh peserta upacara yang hadir.

Pembukaan Raimuna Daerah ke VIII yang berlangsung 3 hingga 8 Juli ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubsu. "Ini adalah pemukulan gong yang ke 61 sejak saya menjabat sebagai Gubernur," kata Edy Rahmayadi, disaksikan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut, H Nurdin Lubis,Ketua Kwartir Cabang Langkat, Syah Afandin yang juga Bupati Langkat, Bupati Batubara, M Jahir, para pengurus Kwarda Sumut dan pejabat lainnya.

 

 

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Gubernur Sumut Berangkatkan Kontingen Jambore Dunia ke Korsel
Direktur PDAM Tirtanadi Yang Dicopot Ternyata Orang dekat Gubernur Sumut Edy Tahmayadi: Ukurannya Kinerja
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Copot Direktur PDAM Tirtanadi: Kinerjanya Buruk
Begini Kelakuan 12 Zodiak Kalau Sedang Jatuh Cinta, Kamu Yang Mana?
Daftar 10 SMA Terbaik di Kota Medan Tahun 2023, Bukan SMANSA atau SMA Negeri, Ternyata Ini
Ramalan 6 Zodiak Hari Ini Selasa 13 Juni 2023: Ada Saran Penting Nih Buat Sagitarius
komentar
beritaTerbaru