Tips Agar Pandangan Mata Terang dan Adem

Agar pengihatan menjadi adem.

Metosatu – Kebiasaan sehari-hari seperti menatap layar komputer dan gadget, hingga hobi membaca di kegelapan dapat membuat mata cepat lelah. Jika dibiarkan terus, semua kebiasaan ini lama-lama dapat menurunkan ketajaman penglihatan mata Anda.

Dan bukannya tidak mungkin mata buram juga jadi ikut menurunkan produktivitas harian Anda.

Rasulullah SAW memberikan panduan dalam kehidupan sehari-hari, dari hal sederhana hingga hal-hal yang kompleks dalam hidup, termasuk soal mata. 

Untuk meningkatkan ketajaman dan agar mata tetap adem, kita dapat melakukan trik sederhana yang bisa dilakukan setiap hari.

Di antara contoh panduan sederhana dalam hidup yang diletakkan Rasulullah tersebut adalah, bagaimana agar pandangan mata kita tetap jernih dan adem. 

Menurut Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ma’ruf Khozin, dalam konteks kehidupan sehari-hari, Rasulullah mengajarkan tiga langkah sederhana agar kedua mata kita mendapatkan rileksasi. Hal ini juga bisa berdampak pada ketenangan jiwa. 

Kiai Ma’ruf pun menukilkan hadis riwayat al-Hakim, Abu Nuaim, dan al-Kharaithi sebagai berikut:  

ﺛﻼﺙٌ ﻳَﺠْﻠِﻴﻦَ اﻟﺒَﺼَﺮَ: اﻟﻨﻈﺮ ﺇِﻟَﻰ اﻟﺨُﻀْﺮَﺓِ ﻭَﺇِﻟَﻰ اﻟﻤﺎء اﻟﺠﺎﺭﻱ ﻭﺇﻟﻰ اﻟﻮﺟﻪ اﻟﺤﺴﻦ””

“(اﻟﺤﺎﻛﻢ ﻓِﻲ ﺗَﺎﺭِﻳﺨﻪ) ﻋَﻦ ﻋَﻠﻲّ ﻭَﻋَﻦ اﺑْﻦ ﻋَﻤْﺮﻭ (ﺃَﺑُﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓِﻲ اﻟﻄِّﺐّ) ﻋَﻦ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔ (اﻟﺨﺮاﺋﻄﻲ ﻓﻲ اﻋﺘﻼﻝ اﻟﻘﻠﻮﺏ) ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻌﻴﺪ)

Artinya: “Ada tiga hal yang menjadikan terangnya pandangan yaitu pertama melihat objek hijau, kedua, melihat air yang mengalir, dan ketiga melihat wajah yang bagus.”  

Tak lupa, dia mengajak segenap umat bersyukur Indonesia dikarunia alam luas dengan bentangan pemandangan yang hijau dan rindang.

“Semoga ini memberikan efek tidak hanya rileksasi tetapi juga motivasi kuat agar kita senantiasa bersyukur,” kata dia. (MS-001)

Sumber: republika.co.id

Berita Terkait