Akhir April, Tol Pekanbaru – Dumai Mulai Dioperasikan

Presiden Jokowi dan rombongan saat meninjau gerbang tol Pekanbaru - Dumai, Jumat (22/02/2020).

Pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131 Km sudah sudah mencapai 87 persen. Jalan tol pertama di Riau ini mulai dioperasikan akhir April 2020 mendatang.

Pengoperasian jalan tol diharapkan bisa mengurai arus mudik lebaran dan diharapkan dapat meningkatkan perekonmian masyarakat nantinya.

Hal tersebut dijelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau jalan tol Pekanbaru-Dumai dalam kunjungannya ke Riau, Jumat (21/2/2020).

“Kita harapkan, Insya Allah akhir April selesai. Bisa dipakai sehingga pada lebaran itu sudah, semuanya sudah bisa lewat di sini. Kalau dulu mungkin empat sampai lima jam, kalau sudah selesai hanya satu setengah jam,” ujar Presiden Jokowi.

Jokowi juga berharap dengan selesainya tol Pekanbaru-Dumai dan akan tersambung dengan Tol Trans Sumatera diharapkan bisa meningkatkan perekonomian warga.

“Dengan kesiapan-kesiapan infrastruktur seperti ini, semua lebih cepat. Pengiriman barang, pengiriman logistik, mobilitas barang semua menjadi lebih cepat. Sehingga nantinya daya saing kita menjadi lebih baik,” kata Presiden.

Direktur Utama PT. Hutama Karya, Bintang Perbowo mengatakan saat ini progres fisik pembangunan tol Permai sudah mencapai 87 persen. Dan untuk masalah pembebasan lahan sudah mencapai angka 98 persen. Jadi, secara keseluruhan sudah rampung 90 persen.

“Kami menyanggupi untuk operasional tol pada pertengahan atau akhir April tahun ini. Dengan demikian Tol Permai sudah bisa difungsikan untuk mudik lebaran tahun ini,” jelasnya.

Menurut Bintang Perbowo, jalan tol Permai nantinya bakal menghubungkan beberapa kawasan industri di Provinsi Riau, terutama di Pekanbaru dan kawasan industri di Dumai. Tentunya dengan jarak tempuh yang jauh lebih singkat dari biasanya.

“Kami akan mengupayakan semaksimal mungkin supaya tol bisa segera dioperasikan,” katanya. (MS-001)

sumber: cakaplah.com

Berita Terkait